Minggu, 21 Agustus 2016

Renungan : Hidup Tenang dengan Kejujuran, Amanah dan Istiqomah


Renungkanlah
Sering kita melihat di tengah-tengah masyarakat, seseorang yang ketika diberi kepercayaan oleh orang lain, lalu mengkhianati amanah tersebut. Ketika diberikan kepercayaan untuk menjadi ketua panitia, ia tidak menjalankannyadengan maksimal. Ketika diberikan kepercayaan untuk mengelola uang, ia menyalahgunakannya untuk kepentingan lain. Masih banyak lagi perilaku perilaku tidak amanah yang sering kita lihat di masyarakat. Akibat dari perilaku tersebut, banyak pihak-pihak yang dirugikan. 
Kita sering pula menyaksikan perilaku orang yang tidak konsisten (istiqomah) dalam melakukan kegiatan. Ketika ditugasi oleh guru, orang tersebut tidak menyelesaikannya. Hal lain, misalnya, melalaikan kewajiban sebagai seorang muslim seperti shalat tepat waktu. Perilaku tidak konsisten ini juga akan merugikan si pelaku. 
Ada ungkapan:“siapa giat pasti dapat”. Ungkapan ini mengisyaratkan agar kita selalu istiqomah dalam mengerjakan sesuatu. Yakinkah kalian bahwa orang yang giat pasti dapat? Buktikan kalau kalian hebat!





BERANI JUJUR, HEBAT !!!!!!

Tugas untuk siswa :
1.      Bacalah Renungan di atas kemudian tulislah pendapatmu tentang perilaku jujur, amanah, istiqomah dan ungkapan “siapa giat pasti dapat”.
2.      Cermatilah tiga gambar di atas kemudian buatlah ulasan / cerita dari masing – masing gambar. Setiap cerita minimal terdiri dari 5 kalimat.
     Tugas dikerjakan di buku catatan.
SELAMAT BELAJAR, SEMOGA SUKSES


Tidak ada komentar:

Posting Komentar