Nama: AZZAHRA NADHIRA WIJAYA
No. :11
Kelas.:7A
No. :11
Kelas.:7A
TUGAS PAI BAB 10: ANDALUSIA:KOTA PERDABAN ISLAM DI BARAT(756-1031 M)
A.BANI UMAYYAH di ANDALUSIA
Islam masuk di Andalusia tahun 92 H.Saat itu Andalusia di kuasai oleh orang-orang Goth (Gothic).Musa' bin Nusayr sebagai gubernur Afrika Utara mengirim pasukan yang dipimpin oleh panglima Tariq bin Ziyad pada tahun 710 M untuk melakukan penaklukan ke wilayah ini.
Pasukan tersebut memperoleh keberhasilan pada tahun 712 M.Pasukan yang di pimpin oleh Musa' bin Nusayr berhasil menuju Andalusia melalui jalan lain yang tidak dilalui oleh Tariq bin Ziyad dan pasukannya.Pantai Barat semenanjung spanyol yakni Sevilla dan Merida berhasil di taklukkan.Kemudian Mereka bertemu dengan pasukan Tariq di Daerah taklukkan meluas hingga ke Utara seperti Barcelona,Terrofona, dan Saragossa.
Pada tanggal 15 Mei 756 M. 'Abd al-Rahman al-Dakhil memproklamirkan berdirinya Imarah Umayyah II di Andalusia (Spanyol).Hal ini menandakan secara resmi di mulainya kekuasaan kedua dari dinasti Umayyah yang lepas dari Abbasiyah di Baghdad.Wilayah Islam di Andalusia pada Umayyah II ini, di bagi menjadi lima provinsi (vice royalty) yang di kepalai oleh seorang amir.Pusat pemerintahannya adalah Cordova.
Sejak masuk ke spayol, wilayah ini menjadi wilayah provinsi Islam di bawah Bani Umayyah di Damaskus.Namanya di ganti dengan sebutan Andalusia.Pemerintah pusat Damaskus menempatkan seorang wali atau Amir di Spanyol.Wali pertamanya adalah anak Musa bin Nusayr yang bernama abd al-Aziz.Setelah abd al-Aziz wafat, kepemimpinannya dilanjutkan oleh Muhammad bin Yazid sebagai penguasa Afrika Utara dan Spanyol.
Penduduk spanyol merasa bahagia dan memperoleh kemakmuran di bawah pemerintahan Islam.umat kristiani menikmati kebebasannya dan tidak diganggu dalam melaksanakan ibadah dan kebiasaannya.Golongan Yahudi benar-benar merasakan tertolong oleh kehadiran bangsa arab ini.
Kekuasaan Islam di Andalusia ini tanpa menganiaya dan tidak ikut campur dalam urusan internal mereka.Kaum muslimin memberikan otonomi penuh dalam semua masalah keagamaan.
Pada tahun 750 M terjadi peristiwa besar di Damaskus yang menimpa kekuasaan atau revolusi yang dilakukan oleh keluarga Bani Abbas yang dibantu para pemberontak yang sejak lama melakukan penekanan terhadap Bani Umayyah.Revolusi tersebut berhasil mengakhiri kekuasaan Bani Umayyah yang sudah berkuasa selama 90 tahun.
Seorang pemuda keturunan Bani Umayyah yang bernama Abd al-rahman lolos dari kepungan Bani Abbas.Ia berhasil meloloskan diri dengan bersembunyi dan berkelana sehingga sampai ke spayol.Dia berhasil membangun kekuasaan Bani Umayyah di Spanyol, sehingga dijuluki dengan 'Abd al-Rahman al-Dakhil yang artinya "pendatang baru." Untuk mempertahankan spanyol dari ancaman musuh-musuhnya, 'Abd al-Rahman al-Dakhil membangun sebuah angkatan bersenjata yang kuat dan terlatih yang terdiri atas 40.000 prajurit bayaran dari bangsa Barbar.
B.6 Periode perkembangan Islam di Spanyol
a. Periode pertama (711-755 M)
Spanyol berda di bawah pemerintahan para wali yang diangkat oleh Khalifah Bani Umayyah yang berpusat di Damaskus.
b. Periode Kedua (755-912 M)
Spanyol berada di bawah pemerintahan seorang yang bergelar Amir (panglima atau gubernur) akan tetapi tunduk kepada pusat pemerintahan Islam yang pada saat itu dipegang oleh Khalifah Abbasiyah di Baghdad.
c. Periode Ketiga (912-1013 M)
Periode ini spanyol di perintah oleh penguasa dengan gelar Khalifah.
d. Periode Keempat (1013-1086 M)
Spanyol terpecah menjadi lebih dari tiga puluh negara kecil di bawah pemerintahan raja-raja golongan atau Al-Mulk Al-Tawaif yang berpusat di daerah kota seperti Sevilla, Cordova, Toledo, dan sebagainya.
e. Periode Kelima (1086-1248 M)
Spanyol Islam meskipun masih terpecah dalam beberapa negara tetapi mendapat suatu kekuatan yang dominan yaitu kekuasaan dinasti Murabitun dan Muwahidun.
f. Periode Keenam (1248-1492 M)
Pada periode ini Islam hanya berkuasa di daerah Granada, di bawah dinasti Bani ahmar. Peradaban kembali mengalami kemajuan seperti pada zaman 'Abd al-Rahman al-Nasir.akan tetapi, secara politik dinasti ini hanya berkuasa di wilayah yang kecil
C. KEJAYAAN ISLAM DI ANDALUSIA
Baghdad, konstantinopel, dan Cordova merupakan tiga kota yang menjadi pusat kebudayaan dunia saat itu. Terdapat 113.000 rumah, 70 perpustakaan, toko buku dan ratusan mesjid,jalan aspal yang panjang dan diterangi dengan lampu-lampu dari rumah-rumah yang berhampiran menjadi pemandangan menarik di Cordova. kota ini menjadi populer dan mengundang kekaguman pengunjung.
Utusan diplomatik banyak berkumpul di Cordova. Delegasi berdatangan dari Zanata Afrika Utara, dinasti idrisyyah, raja Perancis, konstantinopel, dan Jerman.
Kejayaan Islam di Spanyol ditunjukkan dengan beberapa perkembangan ilmu pengetahuan dan pembangunan fisik. Ilmu pengetahuan berkembang pada bidang filsafat, seni, sastra, agama, dan sains. Pembangunan yang megah terdapat pada kota al-Zahra, masjid Cordova istana Ja'fariyah di Saragossa, masjid Sevilla,tembok Toledo, istana al -Ma'mun, dan istana al-Hamra di Granada.
Cordova adalah ibu kota Spanyol sebelum Islam kemudian diambil alih oleh Bani Umayyah. Cordova dibangun dan diperindah. Ibu kota Spanyol Islam dihiasi oleh taman-taman. Istana yang megah berdiri disekitarnya. Kebanggaan kota Cordova adalah masjid Cordova, perkampungan-perkampungan yang indah, tempat-tempat pemandian dan saluran air dari pegunungan.
Granada adalah tempat pertahanan terakhir umat Islam di Spanyol. Di kota itu, ada sisa-sisa kekuatan arab dan pemikir Islam. Istana al-Hamra yang indah dan megah adalah pusat dan puncak ketinggian arsitektur spanyol Islam.
Beberapa bangunan dengan arsitektur Islam yang kental, seperti menara giralda, Alcazar Sevilla, Menara Emas Torre del Oro terdapat di Sevilla. Salah satu menaranya yaitu Giralda terindah di benua Eropa. Semula, menara ini merupakan minaret atau menara mesjid. Saat ini menara tersebut beralih fungsi sebagai menara lonceng Katedral Sevilla.
Dekat La Giralda terdapat Alcazar Sevilla. Bangunan spektakuler memiliki ornamen dinding yang memuat skrip berbahasa Arab termasuk frasa Wa La Galib illah Allah (Tiada Pemenang Kecuali Allah SWT). Karya arsitektur ini menjadi refleksi sejenis dari arsitektur istana al-Hamra.
Torre del Oro dengan menara emasnya dibangun yang difungsikan sebagai tempat pengawasan dan pertahanan Sevilla dari serangan musuh. Rangkaian rantai raksasa yang terdapat di Torre del Oro menyambung dengan menara lain di seberang sungai yaitu Torre de la Plata. Rantai tersebut digunakan untuk mencegah serangan kapal pasukan Kristen yang mau masuk ke dalam kota.
Pada daerah otonomi Castilla la Mancha terdapat kota Toledo. Kota ini pernah menjadi ibukota Spanyol sebelum bangsa Moor datang pada abad ke-8 M. Tingkat toleransi kehidupan beragama yang tinggi terdapat di Toledo. Islam, Yahudi, Kristen dapat hidup berdampingan dengan harmonis, yang pada masa itu di sebut La Convivencia (The Coexistence).
Masjid a Mezquita Cristo de la Luzz dibangun pada tahun 999 M oleh bangsa Moor. Semula, masjid ini diberi nama Masjid Bab al-Mardum. Namanya diambil dari nama gerbang kota Toledo Dengan letak 20 m dari masjid. Desain pilarnya dipengaruhi oleh Masjid Agung Cordova.
D. PERKEMBANGAN ILMU PENGETAHUAN PADA MASA BANI UMAYYAH DI ANDALUSIA
Spanyol adalah negeri yang subur. Dengan kesuburannya dapat menghasilkan ekonomi yang tinggi sehingga dapat melahirkan para cendikiawan-cendikiawan muslim. Pada bidang intelektual, ilmu astronomi, kedokteran, filsafat, matematika, kimia, dan fisika di kembangkan oleh para cendikiawan muslim. Sementara di bidang ilmu sosial, dikembangkan juga ilmu sejarah, sosiologi, dan sastra.
Sebagian besar pengaruh kebudayaan Islam atas Eropa terjadi akibat penduduk kaum muslimin di Spanyol dan Sisilia. Kebudayaan yang paling menonjol terlihat pada munculnya para ilmuwan dengan masing-masing keahlian di bidangnya.
a. Fikih
Kebanyakan masyarakat spanyol Islam menganut Mazhab Maliki. Mazhab Maliki menjadi aliran Fikih yang populer. Di antara ulama fikih yang terkenal adalah Ziyad bin 'Abd al-Rahman. Ilmu ini dikembangkan kemudian oleh ibn Yahya. Fukaha terkenal lainnya adalah Munzir ibn Sa'id al-Baluti, Abu Bakar ibn al-Qutiyyah, dan ibn Hazm.
b. Bahasa dan sastra
Bahasa arab menjadi bahasa resmi dan administrasi dalam pemerintahan Islam di Spanyol. Bahasa ini diajarkan kepada murid-murid, baik muslim maupun non muslim. Ulama yang terkenal dalam bidang bahasa arab diantaranya ibn Malik, pengarang kitab Alfiyyah, Abu 'Ali al-Syibli, ibn Sayyidin, ibn al -Hajj, ibn Khufur, Abu al-Hasan ibn Usfur, dan Abu Hayyan al-Garnati.
Pada bidang sastra muncul beberapa tokoh penting. Ibn 'Abd al-Rabbih, merupakan pujangga yang sezaman dengan 'Abd al-Rahman III. Dia menulis buku al-'Iqd al-Farid dan al-Agani. Ibn Hazm menulis sebuah antologi syair cinta berjudul Tawq al-Hamamah. 'Abd al-Wahid bin Zaydan (1003-1071) dan Walladah (w. 1087) terkenal dalam bidang syair. Muwassah dan Jazal merupakan karya monumental mereka ciptakan pada masa itu sehingga orang-orang Kristen mengadopsinya untuk himne-himne kristiani mereka.
c. Bidang Seni dan Musik
Syair di Spanyol didasarkan pada model syair Arab. Syair digabungkan dengan musik. Tokoh terkenal dalam bidang seni musik, yaitu al-Hasan ibn Nafi yang dikenal dengan Ziryab (789-857 M). Ilmunya diajarkan pada anak-anak bahkan pada budak-budak, sehingga ilmunya menjadi terkenal.
d. Bidang Filsafat
Ibn Bajah dengan nama aslinya Abu Bakr Muhammad ibn al-sayig merupakan tokoh utama dalam sejarah filsafat Arab-Spanyol. Selain dirinya, terdapat Abu Bakr ibn Tufail, penduduk asli Wadi Asy, sebuah dusun kecil di sebelah Timur Granada. Dia wafat pada usia lanjut pada tahun 1185 M. Dia banyak menulis bidang astronomi, filsafat, dan kedokteran. Hayy ibn Yaqzan merupakan karya filsafatnya yang terkenal.
Pada akhirnya abad 12 M, muncul seorang ahli filsafat dalam Islam yaitu ibn Rusyd (Averroes) dari Cordova. Ia menjadi pengikut Mazhab Aristoteles dalam bidang filsafat.
e. Bidang Sains
Pada masa spanyol Islam, ilmu-ilmu kedokteran, musik, matematika, astronomi, kimia, dan lain-lain juga berkembang dengan baik. Dalam ilmu kimia dan astronomi, muncul tokoh terkenal yaitu 'Abbas ibn Farnas. Ibrahim ibn Yahya al-Naqqas merupakan ahli dalam astronomi.
Dalam bidang obat-obatan, muncul nama Ahmad ibn Ibas dari Cordova. Umma al-Hasan ibn Abi Ja'far dan saudara perempuannya al-Hafiz adalah dua orang ahli kedokteran dari kalangan wanita.
f. Bidang Sejarah
Pada masa ini, muncul pula pemikir dalam bidang geografi dan sejarah. Tokoh ilmuwan geografi yang terkenal diantaranya adalah Abu 'Ubayd Abdullah bin 'Abd al-Aziz al-Bahri dan Abu Hamid Muhammad al-Mazini. Ibn Jubair dari Valencia (1145-1228 M) menulis tentang negeri-negeri muslim di Mediterania dan Sicilia. Ibn Batatah dari Tangier (1304-1377 M.) melakukan perjalanan mencapai samudera pasai dan cina. Riwayat Granada disusun oleh ibn Al-Khatib (1317-1374 M). Tokoh terkenal lainnya yaitu ibn Khaldun dari Tunisia, merupakan perumus filsafat sejarah. Perkembangan ilmu sejarah di Spanyol tidak terpisahkan dari peran ibn Khaldun (1332-1406 M). Karyanya yang terkenal adalah Muqaddimah, yang digunakan sebagai rujukan ilmu sejarah hingga sekarang ini.
E. MEMETIK NILAI ISLAMI DALAM SEJARAH BANI UMAYYAH DI ANDALUSIA
a. Pengalaman positif dan negatif dalam sejarah dijadikan bahan untuk perbaikan dalam menjalani kehidupan dan membangun peradaban.
b. Teori-teori sejarah kebudayaan Islam dapat dimanfaatkan dan diterapkan untuk mengatasi permasalah hidup di masa kini dan masa yang akan datang.
c. Kedewasaan dalam berfikir dapat ditumbuhkan. Hal ini mendorong cara pandang ke depan yang lebih luas, bertindak Arif, dan bijaksana.
d. Mencintai dan bangga pada kebudayaan Islam masa lalu.
e. Melibatkan diri dalam pemeliharaan hasil peradaban baik dengan mempelajarinya maupun mengambil manfaatnya.
f. Semangat mencari dan mengembangkan ilmu pengetahuan dapat ditumbuhkan.
g. Memupuk semangat dan motivasi untuk meningkatkan prestasi.
2.Hikmah setelah membaca "Kegigihan B.J. Habibie dalam menuntut ilmu"
-semangat dalam mencari dan mengembangkan ilmu, harus belajar dan menuntut ilmu tanpa lelah dan putus asa.
-kita harus bersyukur dengan apa yang kita miliki dan berusaha untuk mengoptimalkan potensi diri kita.
-percaya bahwa dibalik proses akan membuahkan hasil yang baik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar